Surga Bahan Kain dan Ornamen Tekstil

Aneka jenis kain

Indonesia menjadi negara yang kaya akan sumber budaya alamnya dalam menciptakan aneka macam kain, corak dan dekorasi untuk pakaian. Berikut dijabarkan empat macam daerah pusat perbelanjaan besar dalam memperoleh bahan kain dan ornamen untuk pakaian, beserta keunggulan dan ciri khas yang dimiliki pasar-pasar tersebut masing-masing. Jika ada waktu untuk berkunjung atau saat sedang mencari bahan dalam membuat pakaian, alternatif keempat macam pasar berikut menjadi pilihan yang sesuai untuk dikunjungi.

Pasar Senen

Pasar ini berada di Jakarta Pusat, dan sangat terkenal menjual aneka produk second hand seperti pakaian maupun buku-buku bekas. Juga dilengkapi dengan banyaknya tempat makan yang dibuka dalam jangka waktu yang panjang, bahkan bisa sampai subuh. Tersedia aneka baju, celana, jaket, kemeja, tas, dompet hingga aneka aksesoris lainnya di bagian yang terdiri dari 3 lantai pasar ini. Harga dari pakaian bekas yang dijual pun sangat murah bisa dimulai dari harga Rp 1.000 saja per potongnya. Sedangkan kisaran harga celana jeans paling mahalnya seharga ratusan ribu rupiah. Kualitas dari pakaian yang ditawarkan pun tergolong baik.

Pasar inipun menyediakan aneka makanan seperti layaknya kue tradisional pasar yang dijajakan sejak pukul 5 sore. Kue-kue tersebut dijual dalam kisaran harga yang relatif murah. Pasar ini juga menjadi pasar tertua yang berdiri di Jakarta, sejak tahun 1735 sama seperti Pasar Tanah Abang. Pasar Senen juga menyediakan aneka pakaian bermerek dengan harga yang cukup miring. Meski di tahun 2017 lalu pasar ini sempat terbakar, namun kini gedungnya telah direnovasi dan menjadi lebih baik untuk dikunjungi. Sesi tawar menawar harga barang pun sangat biasa terjadi di pasar ini. Pasar Senen juga memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, sehingga hampir selalu pasar ini untuk dipadati pengunjung. Pasar Senen ini beralamat di Jalan Senen Raya, RW 3, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 10410.

Pasar Tanah Abang

Sama seperti Pasar Senen, pasar ini juga berlokasi di Jakarta Pusat. Pasar Tanah Abang menjadi pasar grosir terkenal di Indonesia yang terdiri dari aneka blok yang dapat dikelilingi untuk mencari pakaian. Tidak hanya itu, aneka perlengkapan kamar tidur juga tersedia di pasar yang biasanya selalu ramai saat libur panjang hingga saat lebaran ini.

Berbagai macam kain tersedia di deretan toko di sepanjang jalan atau di pasar yang terdapat di bagian bawahnya. Berbagai baju batik dan juga pakaian muslim juga terbentang di pasar ini. Selain itu, pakaian modern sehari-hari juga bisa ditemukan di lantai bagian atasnya. Jika lapar saat sedang berbelanja, aneka pedagang makanan ringan telah siap dengan berbagai barang dagangannya di sepanjang jalan. Pasar ini juga dekat dengan halte bus transjakarta yang memudahkan transportasi ke pasar ini tanpa perlu repot membawa mobil dan mencari tempat parkirnya. Hanya satu hal yang perlu dipastikan selama berada di pasar ini, yaitu menjaga keamanan barang berharga yang dibawa agar jangan sampai hilang dicopet orang akibat cukup tingginya tingkat kriminalitas disana.

Aneka bentuk garmen dan tekstil tersedia secara melimpah di tempat ini. Pasar Tanah Abang juga dianugerahi sebagai sentra pusat grosir terbesar di kawasan Asia Tenggara. Aneka bentuk kain seperti sutra, brokat, tile, batik, tenun, bahan kain katun, kanvas, sifon, denim, dan jenis-jenis lainnya dapat ditemukan disini. Tersedia juga aksesoris khusus bahan untuk memberi tampilan mewah seperti kain brokat, organdi, payet dan aneka jenisnya. Aneka macam pakaian jadi dan busana muslim serta pakaian anak juga tersedia yang dapat diperoleh dengan harga murah. Atau jika ingin mendapatkan harga murah, cukup dengan minimal membeli 3 macam pakaian, harga grosir sudah dapat diperoleh. Dimana harga ini akan lebih murah dibanding harga pakaian satuannya.

Pasar ini pertama kali dibangun di tahun 1735, dengan blok A sebagai bagian yang paling terkenal menjual aneka garmen dengan harga yang miring di tempat ini. Cukup kental dengan nuansa islami, pasar tanah abang memiliki banyak pedagang yang menjual oleh-oleh seperti selayaknya dari Mekkah. Cukup mengunjungi pasar tanah abang ini untuk dapat membeli buah kurma maupun air zam-zam. Pasar tanah abang berada di jalan Fachrudin 1, Jakarta Pusat.

Kolaborasi tampilan pasar di Tanah Abang

Pasar Baru

Pasar Baru yang memiliki nama asli sesuai ejaan lama bahasa indonesia yaitu Passer Baroe merupakan salah satu pusat perdagangan tertua yang ada di Jakarta. Pusat perbelanjaan ini dibangun sejak masa VOC tepatnya sekitar tahun 1820, dan pada waktu itu menjadi kawasan perbelanjaan elit warga ekspatriat. Pasar ini memiliki banyak sekali toko kain seperti bahan sutra India, brokat, dengan aneka jenis kain lainnya dalam variasi harga yang cukup terjangkau. Selain kain, banyak toko tekstil di Pasar Baru yang juga menyediakan jasa jahit ekspress yang dapat dipesan untuk dikerjakan dalam waktu satu hari. Pasar Baru yang terletak juga di Jakarta Pusat ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan tertua yang ada di Jakarta. Meskipun sudah hampir berusia 200 tahun, wilayah Pasar Baru ini tidak mengalami banyak perubahan sejak jaman dahulu. Pasar ini secara konsisten tetap mempertahankan tampilan ‘kuno’-nya dan tidak tergubris dengan pengaruh pusat-pusat perbelanjaan lain yang berubah menjadi modern dan banyak berkembang di Jakarta.

Aneka toko sepatu dan toko tekstil juga dapat banyak ditemukan di Pasar Baru. Variasi harga pada umumnya yang ditetapkan di toko-toko tersebut memang lebih murah dari harga barang di pusat perbelanjaan modern kota Jakarta. Meski begitu, harga di beberapa toko bisa berbeda dengan cukup signifikan. Maka dari itu diperlukan usaha survei menjelajahi beberapa toko untuk dapat menemukan harga yang paling ekonomis. Pasar Baru ini berlokasi di Jalan Pasar Baru no. 69, Jakarta Pusat.

Pasar Tekstil Mayestik

Pasar tekstil yang satu ini disebut pasar Mayestik, dan berada di jalan Tebah wilayah Kebayoran Baru. Pasar tekstil di daerah Jakarta Selatan ini sering dijadikan pilihan bagi banyak orang untuk mendapatkan bahan yang diinginkan. Menjadi sebuah pasar tekstil yang terkenal yang lengkap sering memberi kepuasan bagi konsumen atas kunjungannya ke pasar tradisional ini. Dengan variasi yang beragam dalam kisaran berbagai macam harga produk yang ditawarkan membuat para pengunjung menjadi giat untuk memperoleh bahan yang dicari dengan harga semurah-murahnya melalui kegiatan tawar menawar harga. Pasar tradisional Mayestik juga menyediakan berbagai macam jenis kain dimulai dari bahan lokal hingga kain impor. Meski bagi sebagian orang pasar Mayestik ini menjual aneka kain dalam harga yang cukup tinggi, namun peminatnya masih cukup banyak berkat kualitas jenis kain tertentu seperti brokat maupun sutra yang dianggap sangat baik.

Akibat kelengkapannya ini, pasar ini sering dijadikan alternatif mengumpulkan bahan untuk bekerja bagi banyak profesi seperti siswa fashion designer, hingga pihak profesional, penjahit, pabrik garmen, dan jenis pekerjaan lainnya. Pasar ini juga memiliki koleksi yang cukup lengkap dalam perlengkapan seperti kancing, renda, dacron hingga manik-manik sebagai kebutuhan dekorasi pelengkap keseluruhan menjahit. Beberapa varian seperti pita dan renda juga tersedia dalam banyak model dan warna yang bisa dipilih. Sungguh begitu komplit! Kain-kain tertentu seperti model batik, kebaya, busana muslim, bahkan sampai songket india dapat ditemukan di pasar ini. Banyak pihak yang beruntung juga berhasil membawa pulang kain yang umumnya memiliki harga cukup tinggi dengan harga yang relatif murah saat toko yang menjualnya menawarkan diskon. Aneka macam kain yang telah dibeli juga dapat langsung dibawa ke lantai 2 untuk diproses menjadi gaun atau model kebaya. Tak perlu diragukan, aneka penjahit disana sudah spesial dan terbiasa mengerjakan model seperti itu. Bahkan gaun kebaya model pernikahan juga dapat dipesan kepada para penjahit di pasar ini. Tidak perlu repot-repot mencari penjahit lagi. Sungguh manfaat yang totalitas!

Umumnya para penjual di pasar ini menjual kain dalam bentuk grosiran (berjumlah besar). Bahkan ada sebagian penjual yang memberi fasilitas penjahitan untuk membuat baju setelah pembelian kain di pasar ini. Pasar Mayestik juga sering menjadi destinasi bagi mereka yang merencanakan acara perkawinan, akibat begitu lengkapnya varian kain dan ornamen yang dijual dalam memenuhi kebutuhan itu. Pasar Mayestik bisa dikunjungi menggunakan kendaraan pribadi atau beberapa rute angkutan umum yang melewati daerah itu. Gedung pasar Mayestik ini diresmikan sejak tahun 2012 oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, yaitu Fauzi Bowo. Kondisi terbaru di pasar ini juga sudah dilengkapi dengan Air Conditioner sehingga lebih memberi kenyamanan bagi segenap pengunjung dan penjaga toko disana.

Pasar Cipadu Tangerang

Pasar yang satu ini juga merupakan surga bagi para pecinta kain tekstil yang lokasinya terletak di pinggiran kota Jakarta. Menjadi daerah perbatasan antara Jakarta dan Tangerang, posisi pasar ini tepatnya berdiri di daerah Kreo, Tangerang Selatan. Pasar ini dikenal sebagai pusat tekstil dan garmen yang menyediakan berbagai macam kain sejak jaman dahulu kala. Berbagai macam kain seperti katun, drill, jersey, batik, denim (jeans), twill, dan raffel tersedia secara melimpah untuk memenuhi kebutuhan sandang dan produksi dengan bahan dasar kain. Pasar ini juga sering mendapat pasokan stok bahan dari Tanah Abang. Sedangkan jenis kain yang diperjualkan di pasar ini oleh para pedagang kain, sering berasal dari Korea serta Jepang.

Pasar Cipadu di daerah Tangerang ini merupakan pusat tekstil dan garmen yang cukup menjanjikan. Salah satu keuntungannya bagi para pengunjung adalah pasar ini memiliki koleksi yang lengkap namun tidak sepadat Tanah Abang. Sehingga aktivitas berbelanja bahan kain di pasar ini menjadi lebih santai dan tidak perlu berdesak-desakan. Alternatif pilihan harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat, dengan jenis yang cukup lengkap. Tidak hanya jenis pakaian saja, pasar ini juga menyediakan kain untuk tirai, seprai dan tentunya berbagai bahan kain untuk digunakan dalam membuat baju. Model-model bahan seperti yang biasa digunakan untuk membuat mukena hingga keperluan rumah tangga seperti cover bantal, guling, sprei, dan karpet tersedia dalam aneka varian. Salah satu keunggulan lain yang membuat pasar ini tetap dikunjungi pembeli yaitu harga bahan yang lebih ramah di kantong sehingga disukai oleh banyak pembeli.