Intip Pusat Perbelanjaan Tradisional Di Indonesia

Anak muda sering banget kalau berbelanja pastinya ke supermarket daripada ke pasar tradisionalnya sendiri. Padahal, jika kalian tahu pasar tradisional itu lebih enak dan banyak sekali makanan yang tidak bias kalian temui di dalam swalayan tersebut. Walau tidak bias di pungkiri, kalian pasti akan berkeringat sedikitnya saat berbelanja ke pasar tradisional seperti situs sbobet dan juga akan memiliki penciuman kental akan berbagai macam bau-bauan yang di hasilkan di dalam pasar tersebut.

Jika nantinya kalian sedang berjalan-jalan ke berbagai kota yang ada di Indonesia ini, maka tidak ada salahnya jika kalian mengunjungi beberapa pasar tradisional yang terhitung sudah terkenal di kota tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa kota dengan pasar tradisional terkenal yang biasa kalian kunjungi nantinya.

Pasar Tradisional Di Kota Indonesia

# Pasar Tradisional Beringharjo

Yogyakarta – menjadi kota yang menyediakan pasar tradisional ini. Untuk nama pasar ini sendiri sudah ada sejak tahun 1925, yang dimana masa itu masih adanya Belanda yang menjajah Indonesia ini. Untuk pasar Tradisional ini sendiri adanya di Jl. Malioboro yang menjadi sebuah kota besar di Yogyakarta. Nama dari pasarnya ini sendiri di buat oleh Sultan Hamengku Buwono lX yang memang dulunya di dasari dari adanya hutan beringin. Saat ini sudah di ketahui bagi wisatawan Lokal, Mancanegara sampai warga sekitarnya sering terlihat masuk berbelanja ke dalam pasar tersebut dengan belajar prihal tawar menawar benda yang ingin di belinya tersebut.

Ketika kalian berkunjung ke pasar tersebut adanya penjualan mengenai dunia batik, kain-kain tradisionalnya, baju-bau khas Yogya, selimut, souvernir dan berbagai macam barang bias kalian temui di dalam pasar Beringharjo ini. Pasar ini terdiri dari 4 lantai dengan tiap lantainya memberikan suguhan yang berbeda-beda. Untuk lantai 2 nya kalian bias menemukan banyak sekali harum dari rempah-rempah yang ada, lalu lantai 3 adanya keberagaman benda antic seperti adanya kotak Tangkasnet perhiasan dengan ukiran-ukiran yang indah sampai pada lampu-lampu yang tuanya.

 # Tradisional Pasar Senen

Jakarta Pusat – pasar ini terkenal sekali dengan adanya pakaian bekas, buku-buku bekas, onderdil motor atau mobil, sampai banyaknya makanan yang sudah terbuka dari malam hari sampe subuh datang. Pada bagian dalam, para wisatawan bias langsung menjelajahi adanya lantai 3 dengan berbagai macam baju, lalu celana, jaket-jaket, kemeja, tas-tas, dan berbagai aksesoris lainnya yang mendukung kebutuhan sehari-hari kalian nantinya. Untuk semua pakaian bekas sendiri bias kalian temui dengan adanya sebuah patokan harga mulai dari 1000 rupiah saja sampai di angka ratusan ribu rupiah unuk tipe celana Jeans saja ya guys. Sudah pasti murah dan kualitas masih terjamin bagus.

Terhitung dari malam hari sampai pada besok paginya, kalian akan melihat begitu banyaknya makanan kue-kue pasar atau tradisional di Pasar Senen. Mereka mulai menjajaki kue buatannya itu sejak pukul 5 sore WIB. Dan pada saat ini pula, pembeli yang berada di sekita mereka bias langsung datang dan membeli berbagai macam jenis kue yang kalian sukai. Untuk kuenya juga murah-murah kok guys, kalian hanya perlu menyediakan uang diangka 5 ribu sampai 100 ribu jika kalian ingin membeli kue tersebut dalam jumlah yang banyak.

Sebagai pengetahuan dasar kalian saja yah. Bahwa pasar Senen ini sendiri menjadi pasar tertua yang berada di Jakrta dan sudah di bangun sejak tahun 1735 yang kurang lebih sama dengan pasar Tanah Abang.

# Pasar Tradisional Lereng

Bukit Tinggi – adalah nama daerah dari kealhirannya Bug Hatta yang berada di Sumatera Barat. Pasar Lereng atau pasar Atas memang menjadi sebuah pasar yang jika kalian minat dengan adanya kain dengan siap jahit. Disini menjadi pusatnya kain songket dengan benang 1 samapai benang 4. Terhitung ahrga dari kain songket benang 4 dipatok 700 Ribu Rupiah sedang Benang Satu sudah di patok harga 2.000.000 Juta.

Untuk pasar Lereng ini sendiri banyak sekali menjual berbagai macam cinderamata dengan adanya sebuah khas dari daerah minang yakni terjualnya nanti gelang-gelang, ada kalung, tas cantik, sandal sandal etnik, sampai pada souverni dengan gambar gantungan kunci berbentuk Jam Gadang. Pasar lereng ini sendiri menjadi pasar yang memiliki bentuk miring.

Pasar lerng ini memiliki pusatkuliner dari Sumatera Barat yang didalamnya ada jajanan Karakaliang, Keripik Balado serta adanya nasi Kapaul dengan minuman seharga 30.000 rupiah.

# Pasar Tradisional Tanah Abang

Jakarta Pusat – yang menjadi pasar Grosir terkenal di Indonesia. Disini, terdapat sekali Blok yang bias kalian kunjungi hanya untuk mencari pakaian atau sampai pada kebutuhan kamar tidur kalian beserta sehari-hari yang memang kalian perlukan. Selama adanya liburan panjang atau adanya lebaran akan tiba.. pasar ini sudah pasti akan membludak berkali-kali lipat adanya.

Bagi kalian yang memang ingin mencari kain-kain dari berbagai macam tipe bahan kain, maka kalian bias di temui di lantai B2 atau bias juga di lantai bawah yakni di BlokA. Sedang untuk kalian yang mencari baju batik dengan langsung melihatnya di lantai 3 dengan baju kokoh atau muslinya lengkap di latai 5 nya.

Mengenai pakaian sehari-hari atau adanya pakaian Modern maka, kalian bias menemukannya di lanai 6 dengan adanya deretan dari toko ini aoan menjual berbagai macam pakaian modis dengan bentuk batknya yang cantik. Kalian juga bias kok, menemukan para pedagang di sepinggiran jalan beserta menikmati busway Tanah Abang yang sudah di siapkan oleh pemerintah agar pengupayaan masyarakat lebih aman. Jangan lupa juga, pastikan dompet kalian taro dengan benar ika tidak ingin kehilangan dompetnya tersebut.

# Pasar Tradisional Klewer

Solo – Klewer sendiri menjai pasar tradisional Batik sebesar se Indonesia. Dimana adanya batik tulis sampai pada batik cap, lalu dari adanya kain katun sampai pada kain Sutera dan adanya motif Solo sampai motif Banyumas dan juga Batik Pekalongan yang biasa kalian temui di pasar Klewer ini.

Selain dari batik juga kalian bias menemukan adanya barang-barang dalam bentuk sprei,ada juga taplak meja, lalu ada daster serta beberapa kerajinan cantik lainnya yang memang telah tersedia di pasar tersebut.

Jangan kalian lewatkan juga berbagai menu makanan khas yang di jual di pasar tradisional Klewer Solo ini ya guys. Disana terdapat berbagai macam menu makanan yakni Tengkleng ( biasanya berbentuk soto atau mie ), pecel pincuk, lalu ada gempol plered, ada mendut, ada juga bubur saren serta , terdapat minuman khasnya yang berupa es Cendol yang langsung di buat dengan tepung beras yang nanti diisi oleh potongan nangka, lalu ada ketan hitam yang dimana, tersedia jenis bubur sumsum sama sebungkus tape dengan nasi yang berwarna hijau ( memiliki rasa masam dan juga manis ).

Jangan lupa juga, jika nanti kalian main ke daerah Bandung. Maka kalian harus mampir ke Pasar Tradisional Induk GedeBgae  yang ada di wilayah Bandung.